Wednesday, May 10, 2017

Lorenzo Semakin Buruk Setelah Mencoba Ban Michelin Rancangan 2016

motogp 2017, Jorge Lorenzo,

wikireader - Pada tes MotoGP Jerez 2017 kemarin Lorenzo mencoba ban dari pabrikan Michelin. Ban tersebut telah diproduksi tahun 2016 dan dibawa oleh Michelin untuk dijajal oleh para pembalap.

Ban yang dibawa oleh Michelin adalah tipe ban yang pernah dicoba disirkuit Valencia pada bulan November lalu, namun pengembangan ban tersebut dipramusim tidak dilanjutkan. Ban tersebut muncul kembali pada saat ini dikarenakan beberapa pembalap sebelumnya sempat mengeluh terkait konstruksi ban yang cenderung lebih lunak pada musim ini.

Hal tersebut menjadikan sebagian pembalap bermasalah terkait dengan pengereman pada motornya. Beberapa pembalap yang dari awal menginginkan untuk mencoba ban ini adalah Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Cal Crutchlow.

Lorenzo mengaku setelah menjajal ban tersebut dia justru menjadi tidak maksimal, lajunya semakin lambat dan daya cengkram ban tersebut kurang baik.
"Tidak ada perbedaan besar, tapi lebih buruk dari yang sekarang ini. Ban yang ini menawarkan daya cengkram yang lebih kecil ketika membelok. Pada akhirnya saya lebih lambat ketika menggunakannya." kata Lorenzo dikutip GPone.
"Kalau mayoritas pebalap memilihnya, maka oke saja. Tapi tidak kalau pemakaian ban berubah hanya karena satu atau dua pebalap memintanya." 
"Kalau begitu masalahnya, akan lebih baik lanjut dengan ban yang sekarang dan fokus pada sebuah ban baru yang disukai semua orang," tambahnya. 
Disisi lain pembalap dari pabrikan Repsol Honda Marc Marquez mengatakan hal sebaliknya, ban Michelin 2016 tersebut justru memberikannya kestabilan yang lebih baik pada saat melakukan pengereman.